Senin, 19 Maret 2012

Predator : Tomcat Serang Penghuni Apartemen Eastcoast Surabaya

Surabaya – Serangga Tomcat yang menyerang warga Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City ternyata serangga predator. Tomcat merupakan sahabat petani untuk mengusir dan memakan jenis kutu dan hewan kepik hama padi.

Hal ini diungkapkan Kabid Pertanian dan Kehutanan Dinas Pertanian Kota Surabaya, Alexander. Ia menerangkan bahwa Tomcat merupakan musuh alami dari hama wereng.

“Tomcat itu serangga predatornya tanaman padi atau musuh alami dr wereng dan kepik,” kata Alexander saat dikonfirmasi detiksurabaya.com, Jumat (16/3/2012).

Tomcat Serang Penghuni Apartemen Eastcoast SurabayaSerangga yang menyerang warga Laguna ini, lanjutnya, seringkali muncul saat usai masa panen padi dan tebu. Kisaran Maret menuju April, Tomcat yang berbentuk semacam semut bersayap ini muncul.

Namun jika sampai menyerang warga, ini sudah menjadi wabah. Seperti yang terjadi pada Maret 2011 silam. Warga yang tinggal di kawasan Rungkut Penjaringan Sari dan Kenjeran juga mengalami serbuan Tomcat.

Tomcat seringkali muncul saat hari menjelang petang. Saat itu warga menyalakan penerangan lampu.

“Tomcat memang muncul dengan seiring nyala lampu. Kata orang desa, menyebutnya upas, muncul setelah maghrib dengan mengeluarkan toksin atau racun,” tambahnya.

Untuk itu, pihak Distan rencananya akan meninjau ke Apartemen Eastcoast Laguna Indah, Pakuwon City, sore ini. Kalau perlu, pihak Distan akan melakukan penyemprotan jika benar Serangga Tomcat menyerang warga apartemen.

Diberitakan sebelumnya, beberapa warga yang tinggal di Apartemen Eastcoast diserbu serangga beracun. Sejak Selasa (13/3/2012)Ida Yanti (42) baby sitter yang tinggal di lantai 1 Eastcoast mengalami luka merah semacam luka bakar di bagian muka, tubuh dan lengan. Setelah diperiksa, luka gatal-gatal yang juga menimbulkan luka panas ini ditimbulkan oleh cairan beracun Serangga Tomcat.

(nrm/fat) surabaya.detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar